SDN 06 Mulyoharjo

SD Negeri 06 Mulyoharjo

Ibu Adalah Guru Terbesar dan Terbaik Sepanjang Jaman

love momIbu adalah tiga huruf yang mampu menggetarkan kita dan mempunyai jutaan bahkan miliaran makna. Ibu adalah lambang syurga yang terlihat di dunia, bahkan dalam salah satu hadìsnya Rosulullah SAW bersabda jika Syurga itu ada di bawah telapak kaki ibu. Makna seorang ibu memang sangat luas, kehadirannya penuh arti dan ketika kita sedang terpisah pun maka ibu adalah orang yang paling kita rindukan. Semasa kita kecil pun lebih banyak menyebut nama ibu daripada nama ayah. Ketika kita baru bermain terus pulang ke rumah, maka ibu lah orang pertama yang kita tanyakan. Ketika manusia mulai merasa jauh dengan ibunya maka perlu berhati hati, karena itu bisa menjadi pertanda akan ada penderitaan dalam hidup.

Kesuksesan setinggi apapun yang dicapai oleh anak tak bisa dilepaskan dari peran seorang ibu. Tetapi mungkin ada orang yang bertanya ibu seperti apa yang bisa mengantar kejayaan putera puterinya dalam hidup ini? Tampaknya tidak semua ibu bisa menjalankan fungsi sebagaimana yang diamanatkan oleh agama. Ibu yang penuh makna adalah ibu yang memberi pendidikan terbaik kepada anak anak mereka dengan ketulusan kasih sayang. Mereka tidak melempar tanggung jawab pengasuhan kepada orang lain, karena ibu lah guru terbesar yang sangat mempengaruhi perkembangan seorang anak.

Anda mungkin kenal dengan Albert Einstein, ilmuwan yang sangat berpengaruh bagi perkembangan ilmu pengetahuan di jagad ini. Dikisahkan bahwa Einstein pernah dianggap sebagai ‘anak tolol’ oleh gurunya. Tetapi dimata ibu, ia adalah anak hebat yang punya bakat luar biasa. Ibu einstein kemudian mendidiknya dengan pola kasih sayang hingga apa yang dìlakukan oleh ibu membuat albert einstein punya nama abadi hingga sekarang. Para ulama besar pun rata rata diasuh oleh ibu yang luar biasa, ibu mereka tidak jenius, tidak pula hebat,tetapi seorang ibu punya naluri mendidik YANG TAK BISA DIGANTIKAN DENGAN METODE APAPUN. Inilah rahasia seorang ibu, meski secara akademik boleh jadi tidak pandai, tetapi kasih sayang dan kasih cinta yang mereka berikan bisa mengantar sang anak mencapai puncak kesuksesan hidup. Sedemikian mulianya makna seorang ibu sampai sampai Rosul memberi kabar bahwa syurga itu ada di telapak kaki ibu. Kejayaan dan keberhasilan suatu generasi sangat bergantung pada peran penting yang melekat di dalam mutiara arti seorang ibu. Wahai wanita… jadilah calon ibu teladan! Kalau berkenan mohon dukung saya pada acara.

Ingatkah waktu kecil dulu Ibu kita yang selalu menemani kita ketika kita pergi?
Kita yang dulu lemah yang selalu dibimbing oleh ibu kita hingga menjadi seperti sekarang. Ibu kita yang selalu tersenyum pada kita walaupun kita dimarahi oleh Ayah.

Sadarkah Ibu adalah seorang yang sangat sabar?

Apakah Ibu kita pernah marah kalau kita pergi dengan kekasih dunia kita?

Apakah Ibu kita pernah sedih saat kita sudah menikah dan tidak tinggal serumah lagi dengan Ibu kita?

Apakah Ibu kita pernah marah kalau kita tidak bisa menjadi dokter karena kita tidak mampu?

Apakah Ibu kita pernah marah kalau kita tidak bisa menjadi seorang polisi atau ABRI karena kita tidak memiliki jiwa patriotisme?

Apakah Ibu kita pernah marah kalau nilai ujian kita jelek?

Apakah kita sadar seorang Ibu selalu menyalahkan dirinya apabila kita mendapat nilai ujian jelek?

Apakah kita sadar kalau Ibu kita merasa gagal mendidik kita kalau kita tidak bisa mewujudkan cita-cita kita?

Apakah kita sadar Ibu kita yang selalu mengenang masa-masa indah ketika kita masih kecil kita selalu bermain bersama sang Ibu, dan ketika sudah besar kita lebih sering meninggalkan Ibu kita sendirian di rumah?

Apakah kita sadar saat kita menikah Ibu kita akan merasa kesepian karena diusianya yang sudah senja kita bukannya menemaninya malah kita tinggal bersama orang lain yang kita temukan pada saat kita dewasa?

Kita mungkin baru secuil bahkan belum bisa membalas jasa-jasa ibu, tetapi minimalnya di hari ini tepat di hari ibu, kita renungkan bersama. Segeralah meminta maaf, meskipun beliau sudah memaafkan sebelum kita minta. kita doakan semoga tetap panjang umur, tetap iman dan Islam, mendapat hidayah dari Allah SWT. Berbahagialah anda yang masih mempunyai ibu yang masih hidup, jadi hormatilah, bahagiakanlah, sebelum semuanya terlambat dan sang Ibu kembali ke Pangkuan Yang Maha Kuasa.

Berikanlah kasih sayang selama Ibu masih hidup, percuma kita memberikan bunga maupun tangisan apabila Ibu telah berangkat, karena Ibu tidak akan bisa melihatnya lagi……

SELAMAT HARI IBU………

IBU, JASAMU TIADA TARA….SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MELIMPAHKAN KASIH SAYANG SEPERTI YANG TELAH ENGKAU BERI KEPADA ANAK-ANAKNYA….

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: