SDN 06 Mulyoharjo

SD Negeri 06 Mulyoharjo

Cara Cek SK Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Kualifikasi Akademik, dan Tunjangan Khusus

Topik yang paling hangat dalam beberpa bulan terakhir ini dalam dunia pendidikan dan kependidikan adalah tentang tunjangan-tunjangan yang diberikan pemerintah kepada para guru yang tentunya telah memenuhi syarat, melalui mekanisme yang sudah diatur. Tunjangan tersebut antara lain tunjangan profesi (guru yang dapat sertifikat pendidik), tunjangan fungsional (khususnya guru bukan PNS), tunjangan kualifikasi akademik (guru yang melanjutkan studi ke S1/D4), dan tunjangan khusus (misal guru yang berada di daerah perbatasan). Pada bulan April lalu sudah mulai dikucurkan, akan tetapi masih banyak menyisakan sejumlah masalah sehingga belum terealisasi semua sampai pada bulan Mei sekarang.

Berikut kutipannya dari sumber P2TK Dikdas

“April, Tunjangan Sertifikasi Guru Cair”

Sambas – Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan macetnya pencairan tunjangan profesi guru senilai Rp10 triliun yang dialokasikan untuk Tunjangan Profesi Pendidik (TPP), karena mengendap di rekening pemerintah kabupaten/kota (pemkab/pemkot).

Mendikbud menyatakan begitu setelah mendapat laporan tentang hal tersebut sehingga terlambatnya pencairan dana sertifikasi guru. Pihaknya telah membentuk tim pengusut. “Tim inilah yang nantinya mengecek masalahnya di mana, kalau diendapkan ya dicairkan,” ujar M Nuh.

Kedatangan Mendikbud Muhammad Nuh ke Sambas ternyata belum diperoleh kejelasan mengenai diblokirnya anggaran Kemendikbud oleh Menteri Keuangan hingga Rp62,1 triliun.

Katanya, apabila pendataan tuntas, diperkirakan bulan April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair.

“Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah membentuk tim untuk memproses tunjangan sertifikasi guru. Termasuk jika ada kemacetan pencairan tunjangan sertifikasi,” ungkap Mendikbud di Sambas, kemarin.

 “Sertifikasi guru tetap jalan terus. Saat ini kita bentuk tim terkait pencairan dana tersebut. Saat ini tim sedang melakukan pendataan dan validasi. Jika semua selesai, diperkirakan April ini sudah bisa dibayarkan,” ujar M Nuh.

Guru-guru yang dibawah naungan Dikdas, mekanismenya adalah entry data ONLINE  ke DAPODIK, sedangkan yang bagian Dikmen masih menggunakan manual mengirimkan berkas. Dari sinilah muncul beberapa masalah terutama PTK yang di bawah naungan dikdas. Karena masih banyak yang bermasalah berkaitan dengan DAPODIK’nya. Banyak guru yang dirugikan karena mestinya sudah layak dapat SK, tetapi kenyataannya karena data yang dikirim belum benar akhirnya belum dapat. Server DAPODIK juga belum sepenuhnya canggih dalam merespon update data, karena terbukti dari beberapa kali update terhadap sejumlah kesalahan data, tetapi hasilnya tetap sama.

Masih banyaknya (bahkan hampir sebagian besar) guru yang tidak tahu-menahu, bahkan tidak mau tahu tentang dunia informatika internet, sehingga hanya pasrah saja, dan ujung-ujungnya menyalahkan pihak operator entry data.

Yang lebih heran lagi, NUPTK ternyata masih banyak yang bermasalah, padahal beberapa kali sudah diupdate, sehingga masih banyak ditemukan PTK yang NUPTK-nya masih di sekolah yang lama, padahal sudah mutasi, yang akhirnya tidak singkron dengan mata pelajaran yang diampu (Misal tadinya dari TK kemudian pindah ke SD, atau dari SD ke SMP).

Yang menjadi harapan dari para PTK adalah adanya kebijaksanaan yang lebih baik lagi atas sejumlah masalah yang ada berkaitan dengan entry data. Karena beban berat justru sekarang ada di PTK Dikdas yang notabene masih tersebar di sejumlah daerah yang tidak terjangkau dari hiruk pikuknya dunia internet. Sinyal yang tidak memadai juga menjadi penyebabnya. Sedangkan PTK Dikmen kan rata-rata ada di kota kecamatan, jadi masalah tersebut masih dapat diatasi. begitulah ironisnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami sampaikan cara mengecek berbagai sK tunjangan.

Untuk mengecek ada dua cara yaitu melalui alamat :

1. Direktorat P2TK Dikdas (http://116.66.201.163:8000/index.php)

2. Dit. P2TK Dikdas (http://116.66.201.163:8083/info.php)

Dari dua alamat tersebut kami sarankan alamat yang pertama karena lumayan lancar dan langsung mengena sasaran yaitu terdapat keterangan SK yang diperoleh. Sedangkan untuk alamat yang kedua hanya untuk mengecek entry data DAPODIK’nya saja.

Bagaimana caranya?

Langsung saja buka tautan pada alamat pertama, atau langsung klik saja disini.

maka akan terbuka halaman Direktorat P2TK Pendidikan Dasar, seperti gambar di bawah ini.

P2TK dikdas

Keumdian isilah pada kotak LOGIN, seperti gambar di bawah ini

login p2tk dikdas

isi NUPTK dengan lengkap dan benar, terus isi password dengan tanggal lahir dengan format YYYYMMDD (contoh wawanhar lahir 23 Maret 1974, maka ditulis 19740323). Lalu klik tombil LOGIN, dan jika benar bahwa PTK yang bersangkutan dapat SK Tunjangan, maka hasilnya adalah seperti gambar berikut :

hasil cek p2tk dikdas

Demikian cara cek SK Tunjangan. Jika hasil dari cek masih belum muncul tentang jenis SK Tunjangan yang didapat, maka perbaiki lagi DAPODIK. Jika ternyata sudah diperbaiki juga masih belum berhasil, konfirmasikan saja ke Dindikpora setempat.

Semoga bermanfaat….

About these ads

9 responses to “Cara Cek SK Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Kualifikasi Akademik, dan Tunjangan Khusus

  1. admin 29 May 2013 at 4:30 pm

    Contoh yang bagus untuk mengetahui Sk tunjangan profesi atau sertifikasi
    http://panduanoperatorsekolah.blogspot.com/2013/05/cara-cek-sk-tunjangan-profesi.html

  2. sri sumida 31 May 2013 at 3:35 pm

    Saya sdh cek ke websitenya tp sy tidak ada sk tunjangan apapun.dan apakah sy tdk akan mendapat tunjangan apapun.dan apa yg harus sy lakukan ke depannya.trims

    • SDN 06 Mulyoharjo 7 June 2013 at 12:38 pm

      ya…sabar dulu bu.. ada beberapa kemungkinan, bisa jadi persyaratan yg belum memenuhi, entry data dapodik, atau bs jadi singkron server pusat (tp kemungkinan kecil). karena yg terjadi sk yg keluar jg banyak yg belum memenuhi syarat, tp yg dah memenuhi syarat jg banyak yg gak keluar. Yg terbaik ya konfirmasi jg ke dindik setempat

  3. chika 3 June 2013 at 1:16 pm

    yg muncul di internet hny data saya,yg lainnya kosong,sementara data di dapodik sama dengan rekan guru yg lain,tapi rekan guru tersebut dapat semua tunjangan,apa acuan penyalurannya y

    • SDN 06 Mulyoharjo 7 June 2013 at 12:43 pm

      ya kalau munculnya hanya data, berarti memang belum dapat SK tunjangan. seprti td sudah kami jawab di atas, sepengetahuan kami memang ada beberapa hal yg muncul di lapangan. Secara persyaratan adalah PTK dengan TMT 2005, tetapi yg 2006, 2007 jg banyak yg dapat. Sulit untuk dirubah, meski data dapodik benar, karena sudah terlanjur jadi SK dan sejawa tengah lagi. yg bisa jawab pasti adalah dindik setempat. Trims

  4. candra wanti 4 July 2013 at 10:41 pm

    saya guru pns yg sedang melanjutkan s1 di universitas terbuka,dari smt.1 sampai sekarang smt.9.sama sekali belum pernah mendapatkan tunjangan kualifikasi.kenapa?padahal seluh persyaratan lengkap,data dapodik pun sudah valid.kenapa tidak mendapatkan tunjangan kualifikasi?

  5. elsy 20 July 2013 at 7:13 pm

    saya guru non pns,seharusnya tunjangan fungsional januari s/d juni sudah keluar ternyata sampai skrg blm kunjung keluar.Tolong dong saya, hanya itunya harapan yg dinantikan.
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: